Rabu, 09 Januari 2013

Peran Guru dalam Memajukan pendidikan

PERANAN GURU DALAM MEMAJUKAN PENDIDIKAN



Pendidikan merupakan tolak ukur dari maju tidaknya sebuah negara. Suatu negara dapat dikatan maju jika pendidikan yang ada didalamnya bagus dan selalu berkembang. hal ini sangat beralasan sekali, karena segala kapabilitas dan potensi yang dimiliki manusia (SDA) kebanyakan ditentukan dan dipengaruhi oleh pendidikan. Tidak heran, jika pembicaraan masalah pendidikan tidak akan pernah ada habis-habisnya, dan  pemerintah selalu melirik dunia pendidikan yang dijadikan sebagai salah satu prioritas dalam pembangunannya.
Dalam dunia pendidikan terdapat beberapa komponen yang ikut mensupport terhadap maju dan tidaknya pendidikan, Salah satu komponen yang sangat berperan aktif dan sebagai pemegang dan pelaku pendidikan adalah guru atau pendidik, disamping ada juga komponen-komponen lain yang tidak bisa diabaikan, seperti sekolah, masyarakat lokal, orang tua peserta didik, dan negara (pemerintah). Guru merupakan komponen penting yang harus ada pada pendidikan, tanpa seorang guru atau pendidik maka akan sulit pendidikan mengalami kemajuan yang begitu berarti dan  signifikan.
Menurut Musaheri dalam bukunya Ke-PGRI-an mengatakan, dengan posisi guru sebagai tenaga utama pendidikan, dipundak gurulah peran sentral kemajuan pendidikan dipercayakan. Dengan posisinya digarda terdepan dan bersentuhan lansung dengan peserta didik, peran dan tanggung jawab guru sungguh vital dalam membawa peningkatan mutu pendidikan. Sebagai pelaku utama yang berada dilini terdepan dalam peroses pembelajaran, maka didikan, bimbingan, arahan, pelatihan, dan keteladanan guru kepada peserta didik menjadi penentu dalam mengantar kesuksesan pendidikan.
Dalam pembukaan kode etik guru, alinea kelima dikatakan bawa : Peranan guru semakin penting dalam era global, hanya melalui bimbingan guru yang profesional, setiap siswa dapat menjadi sumber daya manusia yang berkualitas, kompetitif  dan produktif sebagai aset nasional dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat dan berat sekarang dan dimasa yang akan dating (Musaheri : 2009. hal. 269). 
Begitu vitalnnya peran dari seorang guru, sehingga guru diharuskan memilki keterampilan dan kompetensi khusus, utamanya yang berkaitan denan proses belajar mengajar (KBM) demi tercapainya tujuan dan cita-cita pendidikan dan dalam rangka memajukan pendidikan. Sesuai dengan PP 74 taun 2008, seorang guru harus memilki beberapa kompetensi, yaitu ; kompetensi keperibadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional yang diperoleh melalui pendidikan profesi. Maka, menjadi seorang guru yang perofesional itu tidaklah mudah, melainkan harus memiliki beberapa kompetensi tersebut diatas, jika tidak, maka secara akademik masih belum bisa dikatakan sebagai guru yang profesional. Walaupun pada dasarnya peredikat professional itu sendiri, antara pandangan orang yang satu dengan yang lainnya berbeda.
 Saat ini, para guru telah mendapatkan perhatian dari pemerintah. Berbagai pelayanan dan kebijakan diberikan, mulai dari tunjangan profesi, sertifikasi, dan sebagainya. Walaupun ada juga yang menilai, apa yang telah diberikan oleh pemerintah saat ini masih belum seberapa dan masih belum cukup jika dibandingkan dengan tugas dan tanggung jawab seorang guru yang begitu besar.
 Oleh karena itu, seorang guru harus selalu berusaha untuk menambah pengetahuan dan keterampilan dalam pembelajaran pendidikan. Seorang guru harus selalu melakukan inovasi terhadap arah perbaikan dan kemajuan pendidikan, dan jangan hanya merasa puas dengan pengetahuan yang telah dimilkiki saat ini, melainkan harus tetap berusaha agar terus mendapatkan pengetahuan sebanyak mungkin, apalagi saat ini, media teknologi sudah sangat canggih, hal tersebut bisa dipergunakan oleh seorang guru untuk mendapatkan pengetahuan dan informasi yang begitu banyak demi manunjang terhadap keprofesionalan seorang guru. Dan akan lebih baik jika pemerintah juga ikut memikirkan dan membantu nasib para guru yang masih belum sejahtera. Jayalah terus untuk guru-guru Indonesia…….!!! ameinnn

0 komentar:

Posting Komentar

 

NILEK

BLOCKGRANT

NIPUK

Copyright © DPC HISPPI KABUPATEN MUSI RAWAS